PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Satuan
Pelajaran : SMK YPLP Perwira
Purbalingga
Kelas /
Semester : I TKR/ TSM / MM /TKJ/ 1
dan 2
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
NO
|
SEMESTER
|
STANDAR KOMPETENSI /
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
KET
|
1
|
1
|
HAKEKAT
BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
|
|
|
|
![]() |
1. Hakekat Bangsa dan
unsur – unsur terbentuknya Nagara
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
2. Hakekat Negara dan
Bentuk – bentuk Kenegaraan
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
3.
Hakekat Negara Kesatuan RI
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
4. Semangat Kebangsaan ,
Nasionalisme, dan Patriotisme dalam Kehidupan Bermasyarakat , berbangsa dan
bernegara
|
|
|
|
|
SISTEM
HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL
|
|
|
|
|
1. Sistem Hukum dan
Lembaga Peradilan
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
2. Peranan Lembaga –
lembaga Peradilan
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
3. Menampilkan sikap yang
sesuai dengan hukum
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
4. Pemberantasan Korupsi
di Indonesia
|
4 x
45 menit
|
|
|
|
5. Peran serta dalam upaya
Pemberantasan Korupsi di Indonesia
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
UPAYA
PEMAJUAN PENGHORMATAN DAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA
|
|
|
|
|
1. Pemajuan , Penghormatan
dan Penegakan HAM
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
2. Peran serta dalam
Penegakan HAM di indonesia
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
3. Instrumen Hukum dan
Peradilan Internasional HAM
|
2
x 45 menit
|
|
2
|
2
|
HUBUNGAN
DASAR NEGARA DENGAN KONSTITUSI
|
|
|
|
|
1. Dasar Negara dan Konstitusi
|
4 x
45 menit
|
|
|
|
2. Substansi Konstitusi Negara
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
3. Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
4. Perkembangan Konstitusi Indonesia
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
PERSAMAAN
KEDUDUKAN WARGA NEGARA DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN
|
|
|
|
|
1. Warga Negara dan
pewarganegaraan
|
4 x
45 menit
|
|
|
|
2. Persamaan Kedudukan WN
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
4 x
45 menit
|
|
|
|
3. Persamaan Kedudukan WN
tanpa membedakan Ras, Agama, Gender, golongan, budaya dan suku
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
SISTEM
POLITIK DI INDONESIA
|
|
|
|
|
1. Supra-struktur dan
infra – stuktur Politik
|
4
x 45 menit
|
|
|
![]() |
2. Sistem Politik Indonesia
dan system politik di berbagai Negara
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
3. Peran serta dalam Sistem Politik di
Indonesia
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
JUMLAH
JAM PERTEMUAN
|
34
x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
Purbalingga, …… Juli 2014
Mengetahui Guru
Mata pelajaran
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga
KURNIAWAN HERY S, S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Satuan
Pelajaran : SMK YPLP Perwira
Purbalingga
Kelas /
Semester : 2 TKR/ MM / 1 dan 2
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
NO
|
SEMESTER
|
STANDAR KOMPETENSI /
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
KET
|
1
|
![]() |
MENGANALISA
BUDAYA POLITIK DI INDONESIA
|
|
|
|
|
A. Mendeskripsikan Pengertian Budaya Politik
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
B. Menganalisa
tipe – tipe budaya politik yang
berkembang di Indonesia
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
C. Mendeskripsikan pentingnya
sosialisasi pengembangan budaya
politik
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
D. Menampilkan peranserta budaya politik
partisipan
|
|
|
|
|
MENGANALISA BUDAYA
DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI
|
|
|
|
|
A. Pengertian dan prinsip – prinsip budaya
demokrasi
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
B. Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat
demokrasi
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
C. Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia
sejak orde lama, orde baru dan
reformasi
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
D. Pemberantasan Korupsi di Indonesia
|
|
|
|
|
MENAMPILKAN SIKAP
KETERBUKAAN DAN KEADILAN DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
|
|
|
|
|
A. Pengertian dan pentingnya keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
B. Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak
transparan
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
C. Sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
JUMLAH JAM PELAJARAN
|
32 x 45 menit
|
|
2
|
2
|
MENGANALISA HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN ORGANISASI
INTERNASIONAL
|
|
|
|
|
A. Pengertian pentingnya
dan sarana hubungan internasional bagi suatu bangsa
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
B. Menjalankan tahap –
tahap perjanjian internasional
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
C. Menganalisis fungsi
perwakilan internasional
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
D. Peranan organisasi
asean, asia afrika, PBB dalam meningkatkan
hubungan internasional
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
E. Menghargai kerjasama dan
perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
SISTEM
HUKUM DAN P[ERADILAN INTERNASIONAL
|
|
|
|
|
A. Sistem hukum dan peradilan internasional
|
|
|
|
![]() |
B. Penyebab timbulnya
sengketa internasional
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
C. Menghargai putusan
Mahkamah Internasional
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
JAM PERTEMUAN
|
26
x 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
Purbalingga, …… Juli 2014
Mengetahui Guru
Mata pelajaran
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga
KURNIAWAN HERY S, S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Satuan
Pelajaran : SMK YPLP Perwira
Purbalingga
Kelas /
Semester : 3 TKR/ MM / 1 dan 2
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
NO
|
SEMESTER
|
STANDAR KOMPETENSI /
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
KET
|
1
|
![]() |
MENAMPILKAN
SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
|
|
|
|
|
A. Mendeskripsikan Pancasila sebagai Ideologi
terbuka
|
6
x 45 menit
|
|
|
|
B. Menganalis Pancasila sebagai sumber nilai
dan paradigma pembagunan
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
C. Menampilkan sikap positif terhadap
Pancasila sebagai ideology terbuka
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
MENGEVALUASI BERBAGAI
SISTEM PEMERINTAHAN
|
|
|
|
|
A. Menganalisis system pemerintahan di
berbagai negara
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
B. Menganalisis system pemerintahan di Indonesia
|
4 x
45 menit
|
|
|
|
C. Membandingkan system pemerintahan yang
berlaku di Indonesia
dengan Negara lain
|
4
x 45 menit
|
|
|
|
JUMLAH JAM PELAJARAN
|
26 X 45 menit
|
|
2
|
2
|
MENGEVALUASI PERANAN PERS
DALAM MASYARAKAT DEMOKRASI
|
|
|
|
|
A. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan
peran sertaperkembangan pers di Indonesia
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
B. Menganalisis pers yang bebas dan
bertangungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratik di Indonesia
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
C. Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak
penyalahgunaan kebebasan media masa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
|
2 x 45 menit
|
|
|
|
MENGEVALUASI DAMPAK GLOBALISASI
|
|
|
|
|
A. Mendeskripsikan proses ,
aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
B. Mengevaluasi pengaruh
globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
C. Menentukan sikap
terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan Negara Indonesia
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
D. Mempresntasikan tulisan
tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan Negara Indonesia
|
2
x 45 menit
|
|
|
|
JUMLAH JAM PELAJARAN
|
20
X 45 menit
|
|
Purbalingga, …… Juli 2014
Mengetahui Guru
Mata pelajaran
Kepala SMK YPLP Perwira Purbalingga
KURNIAWAN HERY S, S.Pd TRI ARYANTO, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar